Cydonia – Wajah di Permukaan Mars

Badan ruang angkasa Eropa, ESA, baru-baru ini mempublikasikan citra dari daerah Cydonia di permukaan planet Mars. Daerah itu adalah lokasi dari apa yang dikenal sebagai bentuk wajah di permukaan Mars (Face on Mars).

Setelah usaha berkali-kali sejak April 2004 hingga Juli 2006 selalu digagalkan oleh debu dan kabut di atmosfir mars, akhirnya pada 22 Juli 2006, satu seri citra dari Cydonia berhasil diperoleh. Citra tersebut diambil menggunakan perangkat High Resolution Stereo Camera yang dibawa oleh wahana antariksa Mars Express yang saat ini tengah mengorbit di atas permukaan planet merah tersebut.

311-230906-3253-6-3d5-Cydonia_L1.jpg
Citra “wajah” di Mars dalam 3 Dimensi

Citra tersebut diambil pada orbit ke-3253 diatas daerah Cydonia, dengan resolusi rata-rata 13,7 meter per piksel. Daerah Cydonia sendiri terletak pada koordinat 40.75° Lintang Utara dan 350.54° Bujur Timur di permukaan Mars. Gambar-gambar tersebut tidak hanya menunjukkan detail dari objek yang selama ini menarik perhatian publik, namun juga menyajikan data yang menarik bagi para ahli geologi keplanetan.

Bentuk wajah di permukaan Mars pertama kali ditemukan lewat citra yang diambil pada 25 Juli 1976 oleh wahana pengorbit Viking 1 milik Amerika Serikat. Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 31 Juli 1976, citra itu dipublikasikan melalui siaran pers NASA. Para ilmuwan NASA sendiri telah menegaskan bahwa bentuk wajah tersebut muncul akibat kombinasi ilusi optik yang berasal dari sudut pencahayaan dari Matahari, formasi permukaan, morfologi, dan bayangan yang dihasilkan yang menimbulkan kesan mata, hidung, dan mulut pada permukaan tersebut.

Belakangan, muncul spekulasi bahwa bentuk wajah tersebut kemungkinan merupakan struktur artifisial yang bisa jadi merupakan peninggalan dari peradaban yang mungkin suatu waktu pernah mendiami Mars. Sementara itu, struktur yang ada di sekitarnya juga diinterpretasikan sebagai piramid atau sisa-sisa reruntuhan sebuah kota.

Namun demikain, interpretasi ilmiah mengenai daerah tersebut tidak pernah berubah. Bentuk wajah tersebut dianggap tidak lebih dari produk imajinasi manusia semata. Belakangan, data yang dikirimkan oleh wahana Mars Global Surveyor pada April 1998, ditambah data-data lainnya yang dikirim oleh wahana yang sama tahun 2001 mengkonfirmasikan kebenaran kesimpulan tersebut

Di sisi lain, karakteristik geologis dataran Cydonia juga menyimpan berbagai hal menarik. Diantaranya pada bagian pinggir “wajah” dimana didapati tanda-tanda tanah longsor maupun runtuhan yang sebagian mungkin telah tertutup oleh aliran lava dari daerah sekitarnya.

Gambar-gambar terkait dapat dilihat di www.esa.int.


About this entry